Kamis, 31 Desember 2009

Resolusi Part I

Hohoho.. menarik!
Ide awalnya adalah posting blog di penghujung tahun 2009. Tapi masih bingung apa yang harus di tulis. Apakah kilas balik tahun 2009 atau tentang resolusi dan list harapan di tahun 2010?? Ah.. (setelah 30 menit berlalu ) masih saja aku bingung harus menulis apa.
Menjadi menarik ketika terpikir, apa itu resolusi. Googling sebentar lalu menemukan sebuah tulisan tentang apa itu resolusi.
Katanya : kata resolusi ini baru populer digunakan pada pergantian tahun 2007 ke 2008 ini.


Pada tahun-tahun sebelumnya, tidak pernah muncul kata resolusi di infotainment ataupun acara seremoni Tahun Baru lainnya. Paling-paling kata resolusi ini sering muncul di berita-berita tentang PBB , yaitu resolusi PBB kepada Irak. Resolusi PBB pada Iran, dan sebagainya.
Begitu kata mas bayu dalam “bajoe, di wikimu” nya
(http://www.wikimu.com/news). Lalu dia melanjutkan arti dari kata resolusi dalam kamus besar bahasa Indonesia (2005), berikut petikan nya:
Putusan atau kebulatan pendapat berupa permintaan atau tuntutan yang ditetapkan oleh rapat (musyawarah, sidang); pernyataan tertulis, biasanya berupa tuntutan tentang suatu hal.
Hmmh.. bener juga ya..! sebenarnya kata resolusi itu mengandung arti tuntutan kepada pihak lain, bukan ditujukan untuk diri sendiri.
Salah total kalau kita ikut-ikutan latah dan merasa lebih bergengsi dengan memakai atau menggunakan kata resolusi. Wah..wah.. ternyata aku salah…!! Heuheu..

Tapi apapun itu, yang penting adalah maksud tujuan dari penggunaan kata itu. Entah itu resolusi, atau komitmen diri, atau janji pribadi. Tujuan utama dari semua itu adalah perbaikan diri di tahun-tahun mendatang. Tapi memang alangkah lebih baiknya kalau kita menggunakan kata atau istilah yang tepat. Bukankah kita mempunyai sebuah bahasa yang menjadi identitas kebangsaan kita sebagai orang Indonesia?? Ho..ho.. aku jadi menasehati diri sendiri. Selama ini semua tulisanku tidak mengindahkan aturan dan ejaan yang baku yang harus digunakan dalam kegiatan tulis menulis. Aku hanya mementingkan arti dan tujuan yang ingin disampaikan kepada para pembaca. Baiklah mulai saat ini, secara bertahap akau akan mengubahnya.

Terimakasih mas bayu..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar